Pesona Taman Sari, Menyusuri Sejarah "Istana Air Jogja"
Destinasi Wisata

Pesona Taman Sari, Menyusuri Sejarah “Istana Air Jogja”

Taman Sari Jogja adalah sebuah kompleks istana yang terletak di Kota Yogyakarta, Indonesia. Dibangun pada abad ke-18 sebagai tempat peristirahatan bagi Sultan dan keluarganya, kompleks ini terdiri dari kolam renang, taman, dan bangunan-bangunan yang indah.

Taman Sari Jogja awalnya terdiri dari empat bagian utama: Sumur Gumuling, Pasarean Ledok Sari, Kedhaton dan segmen air. Sumur Gumuling adalah sebuah bangunan berbentuk bulat yang terdiri dari tangga-tangga dan koridor-koridor yang mengelilingi kolam di bawahnya. Pasarean Ledok Sari adalah sebuah bangunan yang terletak di atas kolam yang digunakan untuk bermain air. Kedhaton adalah istana tempat tinggal Sultan dan keluarganya, sedangkan segmen air adalah kanal yang digunakan untuk mengalirkan air dari Gunung Merapi ke Taman Sari.

Hari ini, Taman Sari Jogja menjadi objek wisata populer di Yogyakarta. Wisatawan dapat menjelajahi situs bersejarah yang menakjubkan ini dan menikmati keindahan arsitektur, taman, dan kolam renang. Taman Sari Jogja juga terkenal dengan legenda tentang labirin bawah tanah yang pernah digunakan sebagai tempat persembunyian atau pelarian.

Daya Tarik Wisata Taman Sari Jogja

Taman Sari Jogja memiliki banyak daya tarik wisata, di antaranya:

  1. Arsitektur Istana yang Indah – Taman Sari Jogja memiliki arsitektur yang indah dan menawan, dengan kolam renang, taman-taman, bangunan-bangunan bergaya tradisional Jawa, serta dekorasi ornamen yang memikat. Pengunjung dapat menikmati keindahan arsitektur dan melihat bangunan-bangunan bersejarah yang terawat dengan baik.
  2. Kolam Renang yang Menarik – Taman Sari Jogja terkenal dengan kolam renangnya yang cantik dan menarik. Kolam-kolam ini dulunya digunakan oleh Sultan dan keluarganya untuk berenang dan bersantai. Saat ini, kolam-kolam ini menjadi daya tarik wisata yang populer bagi wisatawan.
  3. Keindahan Alam yang Menawan – Selain arsitektur dan kolam renang, Taman Sari Jogja juga dikelilingi oleh kebun-kebun dan taman-taman yang menawan. Wisatawan dapat menikmati keindahan alam di sekitar Taman Sari Jogja, dengan pemandangan yang indah dan udara yang segar.
  4. Sejarah dan Budaya – Taman Sari Jogja memiliki nilai sejarah dan budaya yang penting sebagai kompleks istana dari masa Kesultanan Yogyakarta. Pengunjung dapat belajar tentang sejarah dan budaya Jawa serta mengenal lebih dekat kehidupan kerajaan pada masa lalu.
  5. Legenda Bawah Tanah – Taman Sari Jogja juga terkenal dengan legenda tentang labirin bawah tanah yang pernah digunakan sebagai tempat persembunyian atau pelarian. Legenda ini menambahkan kesan misterius dan menarik bagi pengunjung yang ingin menjelajahi situs bersejarah ini.

Rute Menuju Lokasi Taman Sari Jogja

Taman Sari Jogja terletak di pusat Kota Yogyakarta, sehingga cukup mudah dijangkau. Berikut adalah beberapa rute menuju Taman Sari Jogja:

  1. Dari Stasiun Tugu Yogyakarta: Naik angkutan umum seperti becak atau andong dengan jarak sekitar 3,5 km ke arah selatan melalui Jalan Malioboro dan Jalan Taman Sari.
  2. Dari Bandara Internasional Yogyakarta: Naik taksi atau kendaraan sewa dengan jarak sekitar 9 km ke arah barat melalui Jalan Solo.
  3. Dari Terminal Giwangan: Naik angkutan umum seperti Trans Jogja atau bus kota dengan jarak sekitar 7 km ke arah timur melalui Jalan Imogiri Timur.
  4. Dari Terminal Jombor: Naik angkutan umum seperti Trans Jogja atau bus kota dengan jarak sekitar 9 km ke arah selatan melalui Jalan Magelang dan Jalan Taman Sari.

Pilihan transportasi umum yang tersedia untuk menuju ke Taman Sari Jogja adalah taksi, bus kota, Trans Jogja, becak, dan andong. Jika ingin lebih mudah, wisatawan juga dapat menyewa kendaraan pribadi atau motor.

Fasilitas di Taman Sari Jogja

Taman Sari Jogja memiliki berbagai fasilitas untuk menunjang kenyamanan dan keamanan pengunjung, di antaranya:

  1. Area parkir – Taman Sari Jogja memiliki area parkir yang luas dan teratur bagi pengunjung yang datang dengan kendaraan pribadi.
  2. Toilet dan tempat istirahat – Terdapat toilet dan tempat istirahat yang disediakan di berbagai lokasi di dalam kompleks Taman Sari Jogja.
  3. Area bermain anak – Taman Sari Jogja juga memiliki area bermain anak yang aman dan nyaman, di mana anak-anak dapat bermain dan menikmati waktu bersama keluarga.
  4. Area makan – Di sekitar Taman Sari Jogja terdapat banyak warung dan restoran yang menyajikan berbagai kuliner tradisional dan internasional untuk memenuhi kebutuhan wisatawan yang ingin makan atau minum.
  5. Souvenir shop – Terdapat toko-toko suvenir di sekitar Taman Sari Jogja yang menjual berbagai macam souvenir dan kerajinan tangan, mulai dari kain batik hingga pernak-pernik kecil lainnya.
  6. Penginapan – Terdapat beberapa penginapan di sekitar Taman Sari Jogja yang dapat dipilih oleh wisatawan untuk menginap selama berkunjung, seperti hotel, homestay, dan guest house.

Selain fasilitas di atas, Taman Sari Jogja juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas keamanan dan penunjang wisata lainnya, seperti pos jaga, petugas keamanan, dan papan informasi tentang sejarah dan lokasi di dalam kompleks.

Objek Wisata Dekat Taman Sari Jogja

Taman Sari Jogja terletak di pusat Kota Yogyakarta, sehingga terdapat banyak objek wisata menarik di sekitarnya. Berikut adalah beberapa objek wisata yang dekat dengan Taman Sari Jogja:

  1. Keraton Yogyakarta – Keraton Yogyakarta adalah sebuah istana yang merupakan tempat tinggal Sultan Yogyakarta dan keluarganya. Keraton ini terletak sekitar 1 km dari Taman Sari Jogja dan merupakan objek wisata sejarah yang populer di Yogyakarta.
  2. Alun-Alun Kidul – Alun-alun Kidul adalah sebuah taman yang terletak di pusat kota Yogyakarta. Taman ini terkenal dengan dua pohon beringin besar di tengahnya dan menjadi tempat populer untuk bermain layang-layang dan menikmati suasana malam.
  3. Tugu Yogyakarta – Tugu Yogyakarta adalah sebuah monumen yang terletak di jantung kota Yogyakarta. Monumen ini dibangun sebagai simbol keberanian rakyat Yogyakarta dalam melawan penjajah Belanda.
  4. Pasar Beringharjo – Pasar Beringharjo adalah pasar tradisional yang terletak di dekat Keraton Yogyakarta. Di pasar ini, wisatawan dapat membeli berbagai macam barang, seperti kain batik, aksesoris, dan kerajinan tangan.
  5. Museum Sonobudoyo – Museum Sonobudoyo adalah museum sejarah dan budaya Jawa yang terletak di pusat kota Yogyakarta. Museum ini menyimpan berbagai koleksi benda-benda peninggalan Kerajaan Mataram, termasuk senjata, peralatan rumah tangga, dan peralatan pertanian.
  6. Taman Pintar Yogyakarta – Taman Pintar Yogyakarta adalah taman belajar yang terletak di dekat Pasar Beringharjo. Taman ini menyediakan berbagai wahana interaktif dan permainan edukatif untuk anak-anak dan dewasa, serta tempat wisatawan dapat mempelajari berbagai hal tentang sains dan teknologi.
  7. Malioboro – Jalan Malioboro adalah jalan utama di kota Yogyakarta yang terkenal dengan pusat perbelanjaan dan kuliner. Di sini, wisatawan dapat membeli berbagai oleh-oleh khas Yogyakarta dan menikmati makanan khas daerah tersebut.