5 Wisata Museum Terbaik di Bali yang Harus Dikunjungi

5 Wisata Museum Terbaik di Bali yang Harus Dikunjungi

Bali adalah surga bagi para pelancong; pantai yang indah telah menjadi tujuan utama para wisatawan. Namun, Bali juga memiliki banyak museum yang tidak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke pulau ini.

Pameran berkisar dari kehidupan pegunungan hingga dunia bawah laut. Mereka memiliki koleksi yang unik dan menarik dan beberapa diantaranya juga menawarkan peninggalan peradaban kuno di Bali. Berikut adalah lima museum di Bali yang wajib dikunjungi.

1. Museum Kerang Bali

Museum ini diklaim sebagai satu-satunya museum kerang di Indonesia. Jika Anda hanya pernah melihat jenis kerang terbatas di lautan, di museum ini Anda dapat mengamati berbagai jenis kerang yang indah. Museum kerang ini menawarkan koleksi ribuan jenis kerang.

Kerang tersebut tidak hanya berasal dari Indonesia tetapi juga dari negara lain di dunia. Ada banyak kerang yang sangat besar yang dipajang di dalam museum juga. Yang paling terkenal adalah fosil Orthoceras, cangkang panjang berumur 395 juta tahun.

2. Museum Geopark Batur

Tidak hanya Yogyakarta di mana Anda akan menemukan museum gunung berapi, Bali juga memilikinya; Museum Geopark Batur. Gunung Batur adalah salah satu keajaiban alam Bali. Mengunjungi museum dapat memberi Anda banyak wawasan tentang Gunung Batur.

Di dalam museum, Anda akan menemukan banyak jenis batu dari Gunung Batur dengan penjelasannya sendiri. Selain itu, Anda juga dapat melihat sejarah Gunung Batur beserta foto-foto dari berbagai zaman.

Anda juga bisa melihat film dokumenter yang menceritakan tentang Gunung Batur dan sejarah ledakannya. Setelah menikmati filmnya, Anda bisa beranjak untuk melihat Gunung Batur menggunakan teleskop di ruang observasi.

3. Museum Puri Lukisan

Banyak seniman yang melukis keindahan Bali. Jika Anda ingin melihat lukisan Bali yang menakjubkan, Museum Puri Lukisan adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi.

Museum ini memiliki koleksi dari seniman lokal ternama seperti Ida Bagus Nyana, Ida Bagus Gelgel, I Gusti Nyoman Lempad, Anak Agung Gde Sobrat, dan I Gusti Made Deblog. Tidak hanya lukisan, Anda juga bisa melihat seni ukir di dalam museum.

Potret para penari Bali dan seni ukir yang menggambarkan dewa-dewa beserta alunan musik Bali akan menyambut Anda saat memasuki museum ini.

4. Rumah Topeng dan Wayang Setiadarma

Terletak tidak jauh dari Ubud, Anda bisa mengunjungi Rumah Topeng dan Wayang Setiadarma. Museum ini menyimpan koleksi 1.200 topeng dan 4.700 boneka dari seluruh dunia.

Dibangun pada tahun 2006, Rumah Topeng dan Wayang Setiadarma menempati area yang luas yaitu 1 hektar. Thisuseum memperkenalkan budaya pembuat topeng dan boneka, tidak hanya dari Indonesia, tetapi ribuan topeng dan boneka juga berasal dari berbagai negara seperti Afrika, Jepang, China, Malaysia, Thailand, Myanmar, Kamboja, dan masih banyak lagi.

5. Museum Bali Denpasar

Museum Bali Denpasar disebut juga Museum Nasional Provinsi Bali. Artinya museum ini dikelola oleh Pemprov Bali. Museum ini adalah tempat yang tepat jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang peradaban di banyak periode di Bali.

Museum ini menampilkan koleksi pameran etnografi seperti peralatan dari zaman prasejarah, peralatan yang digunakan dalam acara seremonial dan keagamaan, serta seni dan budaya.